Sabtu, 06 Desember 2014

Manajer Pemasaran Sering Disebut Juga Sebagai Manajer Permintaan

Manajemen pemasaran adalah suatu analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Oleh karena itu, manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran

Kebutuhan dalam konsep pemasaran meruapakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan dipasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
Sedangakan, keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang didambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.

Perbedaan Pasar dan Pemasaran

Pasar adalah individu atau kelompok maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa.
Sedangkan, pemasaran adalah proses dimana individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu atau kelompok tersebut.

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Marketing mix adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan, agar proses penjualan berjalan lancar.
Dalam pemasaran konvensional (real business) terdapat 4 prinsip dasar yang terdiri dari 4P, yaitu :
a.        Product
Produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam Marketing mix, anda harus mempunyai produk yang bagus dan berkualitas, serta sesuai dengan kebutuhan target pelanggan anda.
b.        Price
Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
c.         Place
Di antara 4P dalam marketing mix, komponen place mungkin kurang banyak diperhatikan oleh para pemasar atau manajemen. Padahal, komponen place ini memegang peranan yang sangat penting dalam pemasaran, karena tujuan utama dari pemasaran adalah menyalurkan barang-barang atau jasa, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran yang harus dilalui oleh barang-barang atau jasa dari produsen ke konsumen pada waktu, tempat, dan jumlah yang tepat.
d.        Promotion
Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap dan terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan. Promosi juga menentukan segmentasi targeting dan positioning produk.

Referensi :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar