Manajer Pemasaran Sering Disebut Juga
Sebagai Manajer Permintaan
Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian
dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi. Oleh karena itu, manajemen pemasaran sering disebut
juga sebagai manajemen permintaan.
Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan
Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan
dalam konsep pemasaran meruapakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen
maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk
yang akan dipasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
Sedangakan,
keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat
memperoleh sesuatu yang didambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri,
karena seorang pemasar berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat
memajukan perusahaannya.
Perbedaan Pasar dan Pemasaran
Pasar adalah
individu atau kelompok maupun organisasi yang mempunyai kebutuhan, berdaya
beli, dan merealisasikan kebutuhan tersebut sebagai permintaan atas barang atau
jasa.
Sedangkan,
pemasaran adalah proses dimana individu atau kelompok memperoleh apa yang
mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga,
mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk
serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai
tujuan individu atau kelompok tersebut.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Marketing mix
adalah suatu strategi marketing yang menekankan bagaimana cara menjual produk
seefektif mungkin. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik
melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi berdasarkan langganan,
agar proses penjualan berjalan lancar.
Dalam
pemasaran konvensional (real business)
terdapat 4 prinsip dasar yang terdiri dari 4P, yaitu :
a.
Product
Produk adalah
barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam Marketing mix, anda harus mempunyai produk yang bagus dan
berkualitas, serta sesuai dengan kebutuhan target pelanggan anda.
b.
Price
Harga adalah
sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari
nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau
menggunakan produk atau jasa tersebut.
c.
Place
Di antara 4P
dalam marketing mix, komponen place mungkin kurang banyak diperhatikan
oleh para pemasar atau manajemen. Padahal, komponen place ini memegang peranan yang sangat penting dalam pemasaran,
karena tujuan utama dari pemasaran adalah menyalurkan barang-barang atau jasa,
maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran yang harus dilalui oleh
barang-barang atau jasa dari produsen ke konsumen pada waktu, tempat, dan
jumlah yang tepat.
d.
Promotion
Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi
pemasaran yang lengkap dan terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta
promosi penjualan. Promosi juga menentukan segmentasi targeting dan positioning
produk.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar