Rabu, 12 November 2014

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

ê  Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Contoh : Perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan manufaktur.

ê Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor  ekstern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.
Contoh : lingkungan interal dan eksternal, lingkungan ekternal terbagi menjadi lingkungan eksternal makro dan mikro.

Perbedaan Perusahaan dan Lembaga Sosial

Perusahaan : Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Contoh : Salon kecantikan, butik, perusahaan makanan dan minuman, tempat hiburan dan perusahaan transportasi.

Lembaga sosial : Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa. Contoh : lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, lembaga agama, lembaga hukum, dan lembaga keluarga.

Perbedaan Antara Letak dan Tempat Kedudukan Perusahaan

Ø Letak Perusahaan
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan, yaitu tempat di mana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Dengan semakin tajamnya persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan, maka pemilihan letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing, disamping waktu harus berpacu, juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu, pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan lengkap.
Ada 4 jenis letak perusahaan :
·         Letak perusahaan yang terkait pada alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia. Misalkan, usaha pertanian, pertambangan.
·         Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerajinan batik di daerah Surakarta dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.
·         Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah
Dalam hal ini pemerintahlah yang menentukan di mana perusahaan menjalankan aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa tergangggu karena adanya perusahaan itu.
·         Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri.
Disini ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
1.      Dekat dengan bahan baku
Contoh : pabrik gula, pabrik semen
2.      Dekat dengan pasar
Contoh : pabrik roti (bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti bank/asuransi.
3.      Dekat dengan pemasok tenaga kerja
Contoh : pabrik rokok, pabrik kembang gula.
4.      Dekat dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi, aluminium dan baja.
5.      Iklim
Contoh : pabrik teh, pemintalan kapas, industri jamur.
6.      Ongkos transport
Contoh : Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
7.      Besarnya suplai modal
Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih tempat di mana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.

Ø Tempat Kedudukan Perusahaan
Tempat perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
Contoh :
1.      PT Jasa Raharja (berpusat di Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-2 Jakarta Selatan)
2.      Telkom Indonesia (berpusat di Jl. Jend. Gatot Subroto No. 42, Jakarta 12710, DKI Jakarta)
3.      PT PLN (Persero) (berpusat di Jl. Trunojoyo Blok M I/135 Kebayoran Baru, Jakarta 12160)
4.      PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (berpusat di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 36-38, Jakarta 12190)
5.      Pertamina (berpusat di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta 10110)

Perbedaan Antara Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro

Lingkungan eksternal perusahaan berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan sosial ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang.

Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi:
a.    Lingkungan eksternal makro
Lingkungan eksternal makro merupakan lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
§  Keadaan alam: SDA, lingkungan.
§  Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
§  Hukum
§  Perekonomian
§  Pendidikan dan kebudayaan
§  Sosial dan budaya
§  Kependudukan
§  Hubungan internasional
b.    Lingkungan eksternal mikro
Lingkungan eksternal mikro merupakan lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
§  Pemasok / supplier: yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
§  Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
§  Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
§  Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar