Perusahaan
dan Lingkungan Perusahaan
ê Perusahaan
adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor
produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta
melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan
kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasikan dan
dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan
mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Contoh :
Perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan manufaktur.
ê Lingkungan
perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor
ekstern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya.
Contoh
: lingkungan interal dan eksternal, lingkungan ekternal terbagi menjadi
lingkungan eksternal makro dan mikro.
Perbedaan
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan :
Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan
tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Contoh : Salon kecantikan, butik, perusahaan
makanan dan minuman, tempat hiburan dan perusahaan transportasi.
Lembaga
sosial : Lembaga sosial lebih bersifat
sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan
membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa.
Contoh : lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, lembaga agama, lembaga hukum,
dan lembaga keluarga.
Perbedaan
Antara Letak dan Tempat Kedudukan Perusahaan
Ø Letak
Perusahaan
Letak
perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan, yaitu tempat di mana
perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Dengan semakin tajamnya
persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan, maka pemilihan
letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan cara coba-coba. Karena
dengan cara itu perusahaan akan kalah dalam bersaing, disamping waktu harus
berpacu, juga efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena
itu, pemilihan letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui
beberapa pertimbangan yang disertai fakta yang kongkrit dan lengkap.
Ada 4 jenis
letak perusahaan :
·
Letak perusahaan yang terkait
pada alam
Letak
perusahaan ini sangat ditentukan oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat
ditentukan oleh manusia. Misalkan, usaha pertanian, pertambangan.
·
Letak perusahaan berdasarkan
sejarah
Letak
perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan
kerajinan batik di daerah Surakarta dan Jogjakarta. Hal ini disebabkan dulu
seni membatik ini dimulai dari para wanita dalam kraton.
·
Letak perusahaan yang ditetapkan
oleh pemerintah
Dalam
hal ini pemerintahlah yang menentukan di mana perusahaan menjalankan
aktivitasnya. Hal ini agar masyarakat di sekitar lokasi itu tidak merasa
tergangggu karena adanya perusahaan itu.
·
Letak perusahaan yang dipengaruhi
oleh faktor-faktor ekonomi
Pada
umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri.
Disini
ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan letak
perusahaan:
1.
Dekat
dengan bahan baku
Contoh
: pabrik gula, pabrik semen
2.
Dekat
dengan pasar
Contoh
: pabrik roti (bakery), rumah makan dan juga perusahaan jasa seperti bank/asuransi.
3.
Dekat
dengan pemasok tenaga kerja
Contoh
: pabrik rokok, pabrik kembang gula.
4.
Dekat
dengan penyedia sumber tenaga/energi
Contoh : pabrik peleburan bijih besi,
aluminium dan baja.
5.
Iklim
Contoh : pabrik teh, pemintalan kapas,
industri jamur.
6.
Ongkos
transport
Contoh
: Misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya transportasi. Apabila
jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik, maka
diharapkan ongkos transportnya juga akan menjadi rendah.
7.
Besarnya
suplai modal
Perusahaan
yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, cenderung akan memilih
tempat di mana penananman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup
rendah.
Ø Tempat
Kedudukan Perusahaan
Tempat
perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan
pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga
lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.
Contoh
:
1. PT
Jasa Raharja (berpusat di Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-2 Jakarta Selatan)
2. Telkom
Indonesia (berpusat di Jl. Jend. Gatot Subroto No. 42, Jakarta 12710, DKI
Jakarta)
3. PT
PLN (Persero) (berpusat di Jl. Trunojoyo Blok M I/135 Kebayoran Baru, Jakarta
12160)
4. PT
Bank Mandiri (Persero) Tbk. (berpusat di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 36-38,
Jakarta 12190)
5. Pertamina
(berpusat di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta 10110)
Perbedaan
Antara Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro
Lingkungan eksternal perusahaan
berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Lingkungan eksternal
meliputi variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum
dan tren di dalam lingkungan sosial ataupun faktor-faktor spesifik yang
beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel
eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang.
Lingkungan eksternal perusahaan
dapat dibedakan menjadi:
a. Lingkungan
eksternal makro
Lingkungan
eksternal makro merupakan lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung
terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
§ Keadaan
alam: SDA, lingkungan.
§ Politik
dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan
hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
§ Hukum
§ Perekonomian
§ Pendidikan
dan kebudayaan
§ Sosial
dan budaya
§ Kependudukan
§ Hubungan
internasional
b. Lingkungan
eksternal mikro
Lingkungan
eksternal mikro merupakan lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap
kegiatan usaha.
Contoh :
§ Pemasok
/ supplier: yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
§ Perantara,
misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil
produksi ke konsumen.
§ Teknologi:
yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
§ Pasar,
sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar